HOT!!

6/recent/ticker-posts

Jangan Jadi Pengangguran ! Tips Fresh Graduate Agar Tak Lama Nganggur


Jangan Jadi Pengangguran ! Tips Fresh Graduate Agar Tak Lama Nganggur
Ilustrasi pouted.com

Setelah melewati masa perkuliahan mungkin banyak di antara fresh graduate mulai mecari peruntungan di dunia kerja. Dengan pemgalaman seadanya pastinya punya semnagat untuk mengirim lamaran kepada perusahaan yang di impikan.

Terkadang pengalaman kitapun minim menyebabkan lamaran yang dikirim tidak direspon,maka alangkah baiknhya kita terus berusaha agar diterima dan direspon dengan baik.

Nah sekarang ada beberapa tips untuk para Tips Fresh Graduate :

1. Kenali Potensi 

Sebelum kita melamar lebih baik kenalin potensi diri kita sendiri. Sebab dengan mengenalin potensi diri kita akan lebih mudah dalam pengaplikasian di dunia kerja. Jangan asal pilih , terkadang ada lowongan dengan gaji yang besar namun potensi kita tidak di sana,akibatnya perkerjaan yang kita jalini tidak akan berjalan dengan baik.

kemungkinan terburuknya perusahaan tempat kita melamar tidak akan merespon lamaran yang kita krimkan.

2. Jangan Terlalu Memilih Pekerjaan 

Boleh sih untuk memilih-milih pekerjaaan namun poin penting yang perlu di ingat jangan terlalu pemilih yang akan membuat kita kesusahan menumakan tempat yang cocok.

Maka dari itu pilihlah pekerjaan yang paling sesuai dengan keadaan kita dan sejalan dengan poin sebelumnya.

3. Buatlah CV Dengan Sempurna

Curriculum Vitae akan menjadi faktor dilihat pertama oleh perusahaan yang akan menerima pelamar pekerjaan.

Untuk itu buat lah CV tersebut dengan sempurna dan semenarik mungkin agar mampu menarik perhatian HDR perusahaan yang kita tuju. CV ini akan menentukan peluang kita diterimmnya lamaran yang kita kirim pada perusahaan.

Maka dari itu buatlah biodata diri secara ringkas dengan memasukkan beberapa poin penting, seperti data diri, kemampuan yang dimiliki, dan pengalaman kerja. Jangan lupa pilih template yang menarik juga.

4. Berusaha Meningkatkan Soft Skill 

Karena kita sudah lulus dari jenjang perguruan tinggi pastinya memiliki waktu luang yang banyak sebelum bekerja maka dari itu jangan pernah untuk bermalas-malasan.

Dengan banyaknya waktu luang tersebut manfaatkanlah waktu itu dengan meningkatkan soft skill yang didapat.

5. Buatlah Perencanaan Karier 

Meskipun kita fress graduate tidak salah untuk membuat perencanaan karier agar kita mampu fokus pada tujuan yang dimiliki. Dari hal ini kita dapat mencari seluk beluk pekerjaaan yang akan kita lamar.

Mana tau hal ini kan menjadi pertanyaan yang di ajukan HDR saat kita melewati seleksi wawancara kerja, oleh karena itu kita akan mudah untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Nah itu beberapa tips agar kita sebagai fresh graduate tidak lama nanggur dan langsung menjadi orang-orang yang sukses pada pekerjaan kita alami.


[Oleh : Reynanda]